Membuat Itinerary Tour Manado dan sekitarnya


Traveling merupakan hoby yang saya sukai. Mengapa? Karena meninggalkan kesan dan pengalaman yang sangat berharga bukan hanya di hati tapi dalam hidup. Pengeluaran bugdet yang mahal seakan tidak berat ketika hati bisa menikmati traveling yang direncanakan itu. Semakin nikmat kalau kemudian sesampainya di rumah, foto-foto dibuka, video rekaman diputar. Sangat impresif rasanya.

Tidak hanya itu. Saya juga sering diminta untuk mengantar tamu keliling Manado dan sekitarnya. Prinsip saya, semakin banyak tamu kita semakin senang. Karena itu, pelayanan dan keramahan kepada para tamu sangat penting.

Jadi, antara hobi dan pengalaman mengantar tamu membuat saya semakin tahu tentang dunia pariwisata. Barangkali tidak terlalu dini kalau saya menempatkan diri sebagai “penggiat tourism” di Sulawesi Utara. Salah satu ungkapan yang saya sukai adalah “dengan tourism, kita menyapa dunia”.

Untuk kesekian kalinya, saya diminta untuk membantu teman-teman saya yang akan berlibur ke Manado. Meski mereka teman-teman saya tetapi tetap saya sebut sebagai wisatawan yang berencana menikmati keindahan alam tanah “Toar Lumimuut” Minahasa.

“Kami datang mau liburan. Sifatnya santai abis, artinya refreshing yang nggak diganggu banyak kesibukan” jawab teman saya ketika saya tanya mau ngapain ke Manado. Bahkan teman saya mempertegas begini, ” yang perlu agak lama, misalnya Bunaken, danau Tondano, pemandangan alam, woloan atau tempat budaya-budaya Minahasa maupun tempat wisata lain. Oh ya malam terakhir kami bermalam di Manado supaya lebih cepet ke bandara”.

Dari pesan itu sudah kelihatan bahwa teman saya tadi belum mempunyai mapping yang akurat tentang sikon Manado dan sekitarnya. Karena itu saya ingin membantu untuk memberi gambaran ideal tentang obyek-obyek wisata dan memberikan semacam tips dan trik bagaimana menikmati liburan yang menyenenangkan saat berada di tanah Toar Lumimuut.

Berangkat dari harapan teman saya tadi, saya mempunyai catatan tentang bagaimana menikmati liburan atau berwisata di Manado dan sekitarnya.

1. Mau ngapain sih berlibur ke sana?
2. Berapa lama berlibur?
3. Pengalaman eksotik apa yang diinginkan baik secara individual maupun bersama?
4. Berapa biaya yang sudah dianggarkan?

Seperti teman saya tadi, mereka datang untuk berlibur dan santai serta menikmati tempat-tempat wisata. Refreshing itulah kata yang boleh jadi menjadi tujuan utama kedatangan mereka. Kepenatan dan kesibukan sehari-hari di kota besar menjadi alasan yang mendasar bagi siapa saja yang ingin memulihkan kebugaran dan kesegaran hidupnya.

Lamanya berlibur menjadi penting untuk membuat itinerary atau jadwal mau kemana saja yang akan dikunjungi. Sebenarnya obyek-obyek wisata di Manado, Minahasa, Tomohon dan Bitung bisa dikunjungi dalam sehari (full-day) karena jarak tempuh perjalanan tidak jauh-jauh amat. Tetapi itu kalau hanya mengunjungi dan tidak menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan. Datang lalu pulang bukan berwisata namanya. Jika sungguh berwisata ya nikmatilah fasilitas yang disediakan, alamnya, kulinernya, orang-orang di sekitarnya dengan ngobrol santai.

Tour Manado
Manado adalah kota metropolis yang masih muda. Letaknya di pinggir pantai reklamasi. Selain dominan panas, Manado mengandalkan mall-mall di sepanjang boulevard dengan restoran-restoran di pinggir-pinggir pantai. Tak heran suasana malamnya sangat romantis di pinggir pantai dimulai saat menikmati indahnya sunset. Hotel-hotel berbintang hingga melati bertaburan menyemarakan kota Manado seiring dengan riuhnya perdagangan kota. Karena itu, sightseeing kota Manado menjadi andalan tourisme.

Tomohon
“Kalau sudah sampai Manado jangan lupa bapesiar ke Tomohon”, kalimat ini menjadi andalan bagi para guide tour. Tomohon adalah kota pegunungan yang sejuk dan hijau. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi dan dinikmati adalah Bukit Doa, Rumah Kayu Woloan, Danau Linow. Berlama-lama di Bukit Doa Tomohon, boleh juga. Tempat ini sebenarnya Kebun Raya Tomohon yang di dalamnya ada macam-macam fasilitas. Untuk berziarah rohani anda bisa menggunakan Jalan Salib, Gua Maria atau Chapel yang kadang kala di pakai untuk wedding. Lokasi ini juga menyediakan untuk acara outing kelompok-kelompok seperti outbound, fun games dan penginapan alamanda retreat. Banyak yang mengatakan bahwa lokasi ini indah untuk foto pre-wedding. Danau Linow, danau berwarna karena vulkanik, sangat indah dengan gradasi warna airnya. Tersedia tempat untuk minum kopi dan pisang goreng.

Minahasa
Danau besar Tondano berada di wilayah Kabupaten Minahasa. Makan ikan tawar Danau Tondano sungguh mengasyikan dan menggoyang lidah. Rasanya makin nikmat ketika disantap di pinggiran danau. Rasa kenyang itu menguatkan perjalanan menuju ke kota kacang Kawangkoan. Menyedu kopi ditemani biapong sungguh menjadi wisata kuliner yang tak akan begitu saja dilewatkan. Bisa juga langsung ke bukit Kasih sebelum ke Kawangkoan. Bukit kasih adalah bukit vulkanik yang menyediakan cita rasa jagung atau telur yang dimasak dengan memanfaatkan mendidihnya air panas alami. Boleh juga spa kaki dengan merendam kaki dalam ember air panas sambil dipijet. Sensasinya luar biasa. Waruga adalah kuburan orang-orang Minahasa yang sarat historis dan kuat dengan seni budaya. Letaknya di Sawangan.

Bitung
Monyet paling kecil di dunia bisa anda lihat di Tandurusa Bitung. Sifat monyet yang monogami ini menarik untuk dipelajari. Selain itu, selat Lembeh juga indah untuk dikunjungi.

Minahasa itu luas. Maka tidak heran kalau ada Minahasa Utara, Minahasa Induk, Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan. Obyek wisata di MinSel adalah Pantai Amurang dan Mondoinding. Tempat wisata di daerah ini hanya mengandalkan alam saja. Biapong dan minum kopi bisa anda nikmati di warung kopi Amurang.

Apa yang saya ceritakan tadi adalah tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Ada tempat wisata yang menawarkan sensasi luar biasa bagi pengunjung dengan mengambil paket-paket fun games. Flying Fox, High ropes bisa anda nikmati di komplek Buki Doa Mahawu dengan view Gunung Lokon. Arum jeram bisa anda coba di Timbukar, Sonder.

Bunaken
Taman Nasional Bunaken memang sudah terkenal dan mendunia. Keelokan taman lautnya menjadi daya tarik siapa saja untuk melihat. Dengan menggunakan kapal katamaran, anda diajak untuk melihat taman itu dari atas kapal yang didesain menggunakan kaca. Snorkeling bisa juga anda lakukan dengan menyewa peralatan snorkeling. Capek melihat taman laut, rombongan bisa merapat ke pulau Manado Tua. Di situ anda bisa makan ikan laut apabila lapar dan minum kelapa muda yang segar membasahi tenggorokan kering karena lama bercengkerama dengan laut. Di pulau itu, selain anda bisa menikmati makan, anda bisa menginap di pulau itu. Tapi anda harus pesan jauh-jauh hari.

Wisata kuliner merupakan pelengkap yang jangan dibiarkan begitu saja ketika anda sudah sampai di tempat tujuan. Minahasa food pasti akan menggoda anda untuk mencicipi. Sea food di Kalayse juga menanti kedatangan anda untuk memuaskan rasa kuliner anda.

Sebelum datang cobalah susun itinerary terlebih dahulu agar kenyamanan dan keindahan anda berwisata jangan terlewatkan begitu saja. Jadi, buatlah kesempatan berlibur atau berwisata anda di Manado dan sekitarnya untuk sungguh berefreshing dengan menikmati yang ada.

1. wisata alam pegunungan: bukit doa, agrowisata, dll
2. wisata alam laut: taman laut bunaken, pantai, pasir putih, dll
3. wisata religi: jalan salib, gua maria, biara karmel dll
4. wisata seni dan budaya: musik bambu, tari maengket, dll
5. wisata kuliner: paniki, babi putar dll
6. wisata fun games: outbound dan arum jeram
7. wisata kota: sightseeing, metropolis

See you again. Sampai jumpa lagi.

About jejakperahu

Menjaga keseimbangan atau harmonisasi antara alam, bangunan dan spiritual merupakan obsesi saya. Obsesi ini sama dengan upaya pembinaan dan pembangunan karakter manusia yang mengutamakan keselarasan antara emosi, moral dan spiritual.

Posted on 11 March 2011, in Informasi, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. numpang lewat ya. Kalau mau jalan-jalan ke medan, or kalau mau wisata kuliner di medan, jangan lupa mampir di blog indrahalim.com ya… di situs itu lengkap reviewnya tuk resto or kedai yg menyediakan makanan enak di medan.. thx!

    • terimakasih infonya…..sudah saya lihat. Bagus blog dan infonya, bikin ingin berwisata ke Medan…

  2. hi, saya berencana untuk berbulan madu ke menado tgl 25-28 desember 2012. Kami berangkat dari bandung, tiba di manado kira2 jam 6 sore. Rencananya tempat-tempat yang akan kami singgahi adalah Bukit Doa Tomohon, Danau Linow, Bukit Kasih, Cagar Alam Tangkoko, Bunaken dan wisata2 kuliner atau tempat2 menarik lainnya yg mungkin bisa direkomendasikan. Kira2 apakah dengan waktu yg 4 hari 3 malam bisa memungkinkan kami menikmati semuanya? Sebaiknya tempat mana dulu yang harus kami kunjungi agar waktu nya bisa seefisien mungkin? Lalu apakah untuk ke bunaken saya harus mengambil tour lokal atau cukup hanya dengan menyewa mobil saja? Mohon info nya dan terimakasih banyak atas bantuannya

    • Biasanya tamu saya lebih suka mengatur waktu dari bandara langsung ke tomoon untuk check ini. Alasannya objek wisata di Tomohon dan Minahasa cukup banyak plus menikmati kuliner unik dan ekstrem ala minahasa food. Dua malam sangat cukup atau dua hari. Sekali lagi tergantung tujuan wisatanya. Hanya kunjungi objek wisata aja atau menikmati alam, budaya dan cita rasa kuliner? Kalau mau super cepat cukup dari pagi hingga sore.

      Berikutnya check in di Manado dan Bunaken jadi fokus utama. Dari pagi hingga siang menikmati taman bunaken, snorkeling dan kuliner di pulaunya. Selain Bunaken bisa kunjuni pulau Lihaga. Menuju ke pulau ini spend waktu memang harus banyak. Bisa lewat laut dan darat.

      Lokasi wisata lain di sekitar Manado bisa ke arah Bitung atau Lembean. Untuk signt seeing kota Manado sebaiknya sore atau malam di samping tak terlalu panas juga bisa belanja oleh-oleh. Ini cerita singkatnya.

  3. Hi…saya sekeluarga (5 org) berencana mau wisata ke manado tgl 9-13 Jan 2013. Saya dari Balikpapan, sampai Manado jam 20.45 malam dan kembali ke Balikpapan tgl 13 pagi. Saya sudah book resort di pantai minahasa..atau sebaiknya saya tinggal di kota manado (?) Rencananya hari 1 ke bunaken, hari ke 2 ke pulau gangga (?), hari ke-3 ke tomohon, d. tondano dan sekitarnya atau ada saran lain ?. Kalau nyebrang ke Bunaken .sewa boatnya bisa langsung atau harus pesan sehari sebelumnya ? ..di pulau gangga ada penyewaan alat snorkle nggak ?…ditunggu infonya. Tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: